Sunday, February 22, 2015

Gila Hormat



Celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu suka duduk di tempat terdepan di rumah ibadat dan suka menerima penghormatan di pasar. (Lukas 11:43)

Ada banyak cara orang untuk menarik perhatian orang banyak. Saya pernah menjumpai beberapa orang yang suka memegahkan diri seolah-olah tidak ada yang jauh lebih rohani dibandingkan dengan dia. Dia akan mulai mencari perhatian dengan berbagai cara, entah dengan bernyanyi keras-keras ataupun ketika tengah menasehati orang lain tanpa berpikir apa yang telah dilakukannya. 
 

Begitu pula hal yang tidak disukai oleh Tuhan dimana sebagian dari kita mulai memegahkan diri dan haus akan penghormatan dari orang lain. Ketika itu, bahkan hal tersebut akan mengubah motivasi semula kita. Apa yang awalnya bertujuan baik, lama kelamaan akan berubah menjadi sesuatu yang membuat kita menjadi tidak benar di hadapan Allah. 

Melakukan hal seperti itu hanya untuk mencari perhatian dunia, tidak akan menyenangkan hati Tuhan, padahal tujuan kita beribadah salah satunya yakni untuk menyenangkan hati Tuhan yang telah memberikan banyak hal kepada kita.

Lama kelamaan, fokus kita hanyalah mencari kehormatan di mana pun kita berada. Kita akan mulai memanipulasi perhatian orang lain sehingga kita terlihat begitu baik padahal di dalam hati kita mulai menghambakan diri pada kehormatan diri kita. Kemudian kita akan mulai memuja diri kita sendiri yang dianggap orang lain begitu terhormat. Apakah orang seperti ini akan tetap mengandalkan Tuhan dalam setiap perkaranya? Apakah tidak mungkin apabila suatu saat, dia bahkan akan menganggap dirinya setara dengan Tuhan yang kita hormati, sebab dia juga memiliki orang-orang yang menghormati dirinya?

Berada di bawah motivasi salah akan membawa kita ke jalan yang salah. Oleh karena itu, apabila ada beberapa dari kita yang karena kehidupannya benar, dipuji, janganlah seperti orang Farisi yang kemudian menjadi fokus pada kehormatan. Menjadi besar kepala dan mengagungkan dirinya sendiri. Namun bermegahlah kepada Tuhan ketika apapun yang kita kerjakan berada dalam jalur kebenaran. Sebab oleh karena Tuhanlah kita bisa menjadi baik dan benar dalam perilaku dan perkataan.

Tuhan Yesus memberkati
-----
Lily Zhang

No comments:

Post a Comment