Tuesday, February 17, 2015

Mulai membaca


“Mengapa kamu berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, padahal kamu tidak melakukan apa yang Aku katakan? (Lukas 6:46)
https://twitter.com/ayatdarialkitab

Apa bedanya antara orang yang mendirikan rumah dengan dasar yang tertancap dalam dengan orang yang tidak memiliki dasar? Jelas, ketika banjir datang yang satu akan selamat dan yang lain akan terhanyut dan roboh.

Begitu pula kehidupan rohani kita. Tidak hanya berteriak-teriak dan memuliakan Tuhan hanya dengan mulut sementara perbuatan masih sama dengan orang fasik. Seperti orang beriman yang masih sering berbohong, mencemooh, bahkan bermegah dalam harta duniawinya. 


Contoh lainnya yakni sebagian besar dari kehidupan kristiani yang tidak benar-benar mengenal Tuhan dalam artian mereka tidak benar memahami firman Tuhan. Yah, secara mudah dapat dikatakan mereka belum pernah membaca habis keseluruhan firman Tuhan. Namun pengertian dan pemahaman tentang pengajaran Tuhan untuk cara hidup kita akan lebih kita pahami. Tentang apa yang disukai dan tidak dikehendaki Tuhan pun semuanya terurai di dalamnya. 

Tuhan ingin kita memahami firman Tuhan sebab di dalamnya terdapat kebenaran yang tidak dapat disangkal oleh seorang pun. Percuma saja kita rajin memuji dan memuliakan Tuhan dengan mulut, sementara hati kita tidak pernah rindu untuk memahami Tuhan lebih dalam lagi. Seperti pernah Tuhan katakan bahwa kamu telah menerima upah ketika kamu melayani Tuhan, namun berkat yang lebih besar? Pertumbuhan iman? Jelas tidak kalau kita tidak berusaha, hanya terus berjalan di tempat. Yah, memahami apa yang Tuhan kehendaki hanya dapat kita temukan dalam alkitab yang berisi hikmat dan firman-Nya.

Dengan melakukan perkara kecil ini, Tuhan  berjanji untuk perkara yang jauh lebih besar dipercayakan kepada kita semua. Bahkan dengan membaca saja, cara pandang kita terhadap dunia dan sorga pun akan berbeda. Melakukan hal-hal tidak benar akan secara otomatis terhindarkan karena secara tidak langsung kita sudah dibimbing berjalan dalam perbuatan yang benar.

So, jangan cuma menyerukan Tuhan saja. Biarlah iman kita bertumbuh mulai dari perkara yang kecil yang kadang dianggap remeh. Mulailah baca, kawan!

Tuhan Yesus memberkati
-----
Lily Zhang

No comments:

Post a Comment