Thursday, April 30, 2015

Peringatan



Ayat bacaan Kejadian 4:1-16

Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya.” (Kejadian 4:7)
http://sipkd.magelangkab.go.id/vpn.php

Tuhan MahaMengetahui tentang hati Kain yang menjadi panas. Kecemburuannya telah merenggut nyawa adiknya. Dia mengijinkan iri hati menguasai hatinya padahal Tuhan telah mengingatkan dan memberikan peringatan kalau dosa telah berada begitu dekat dengannya. Tuhan tidak segera menghakimi meskipun Tuhan tahu kalau Kain telah dikuasai oleh iri hati dan amarah. Namun Kain tetap memilih untuk dikuasai oleh kecemburuannya sehingga dia membunuh adiknya. Dalam kasus Kain, kecemburuan telah menjerumuskan dalam penghukuman akibat dia tidak mengindahkan peringatan Tuhan. 

Peringatan? Pernahkah kita diberikan peringatan?


Kelemahan kita membuat kita tidak bisa berkomunikasi secara langsung dengan Tuhan. Namun kita tidak pernah dibuat cemas karena Tuhan telah mengirimkan Roh Penolong (Roh Kudus) sejak Ia naik ke surga. Melalui Roh Kudus, kita sering kali diberikan peringatan, pertolongan, dan penghiburan. Sejak kita dilahirkan baru, Roh Kudus dicurahkan.

Banyak di antara kita yang bisa merasakan peringatan Roh Kudus namun tetap memilih tidak menaatinya. Yah, manusia diberikan kehendak bebas. Terkadang kita hanya merasa egois sehingga kita memilih apa yang menurut pengertian kita dan tidak mau berusaha memercayai peringatan Roh Kudus. Mungkin ada waktu kita merasa peringatan Roh Kudus tidak beralasan, terkadang Roh Kudus malah mengarahkan ke jalan yang tidak kita inginkan. Meskipun tidak kita pahami, kita hanya percaya dengan iman bahwa Ia menyediakan yang terbaik kepada kita. Memang pengertian Roh Kudus tidak dapat kita selami karena sebagai pribadi Tuhan, dia memiliki Hikmat yang tidak kita mengerti. Just faith.

Bagaimana mengenali pimpinan Roh Kudus?

Roh Kudus menaruh kehendak-Nya di dalam hati agar terselamatkan dari musibah atau memberkati orang lain. Saya pernah mengalami dimana saya tidak memedulikan peringatan Roh Kudus sehingga terjadi musibah dalam sebuah tabrakan, namun Tuhan masih memberikan perlindungan sehingga barang-barang yang rusak tidaklah sebanyak yang saya bayangkan.
Kadang-kadang Roh Kudus mengubah keadaan atau membuat situasi yang berbeda agar kita terhindar dari sesuatu yang tidak seharusnya. Hal itu pernah saya sendiri rasakan. Ketika itu seharusnya saya membeli sekotak vitamin yang mahal namun stoknya habis, kemudian esoknya terhalang lagi karena hujan, saya membatalkannya. Keesokan harinya lagi saya memiliki halangan dan terus berkelanjutan. Suatu hari, saat berberes saya menemukan sekotak vitamin yang sama dan masih baru. Saya bersyukur tidak mengotot pada hari hujan dan hari-hari lainnya untuk membeli vitamin itu sehingga uang itu dapat digunakan untuk keperluan lainnya.

Ataupun Roh Kudus membimbing kita pada suatu tempat lain dimana kita akan menemukan jawabannya. Kasus ini juga pernah saya alami ketika saya merasa bingung dengan keadaan hidup saya. Ketika itu, Tuhan memimpin saya ke dalam sebuah persekutuan, di sana saya memperoleh jawaban yang sampai sekarang saya selalu merasa sangat ajaib. Dimulai dari saat itu, mata saya yang buta seolah disembuhkan sehingga dapat melihat pintu-pintu terbuka yang tidak dapat saya lihat beberapa waktu lalu. Roh Kudus menaruh keinginan di dalam hati saya untuk mengikuti persekutuan tersebut. Bahkan sebelum berada dalam persekutuan, saya terintimidasi untuk tidak hadir. Apabila saya tidak hadir, banyak sekali hal yang akan hilang yang saya peroleh sekarang ini. Dan saya tetap akan berada dalam kebingungan serta tidak tahu kapan Tuhan akan “berbicara” lagi kepada saya melalui hamba-Nya. Namun saya memerintahkan diri sendiri untuk harus hadir dalam persekutuan tersebut. Menaati apa yang telah Roh Kudus taruh di dalam hati.

See? Jangan menjadi bebal seperti Kain yang jelas mendengar namun tidak mau memahami yang Tuhan inginkan. Jaman sekarang, kita hanya dapat mengandalkan pimpinan Roh Kudus untuk diperingatkan ataupun memberkati sesama kita. Apabila dari ketiga pimpinan Roh Kudus ketika salah satunya hadir dalam hidupmu dan masih membuat kita ragu, berdoalah dan minta kepada Tuhan untuk menunjukkannya melalui hamba-Nya. Dua kali Tuhan menujukkan tanda peringatan-Nya melalui “alat-Nya” yang berbeda, percayalah itulah tanda yang diberikan Tuhan kepada kita. Dan Ia selalu memberikan tanda yang baik.

Tuhan Yesus memberkati
-----
Lily Zhang

No comments:

Post a Comment